SMAN TARUNA NALA JAWA TIMUR

By Dinas Pendidikan Provinsi Jatim 12 Okt 2017, 09:55:58 WIBSekitar Kita
SMAN TARUNA NALA JAWA TIMUR

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa pengelolaan SMA/SMK dan Pendidikan Khusus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, maka pada tanggal 1 Oktober 2016 tanggung jawab pengelolaan SMA Negeri 10 Malang Program Leadership Academy beralih ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kebijakan Gubernur Jawa Timur memandang perlu adanya sekolah unggulan di bidang akademik dan non akademik untuk menjawab tantangan masa depan di era global. Maka dibentuklah SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yang merupakan pemecahan dari SMA Negeri 10 Malang.


SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur bekerjasama dengan TNI AL berdasarkan atas kesepakatan Piagam Kerja Bersama (PKB) yang ditandatangai oleh Gubernur Jawa Timur dan KASAL (Kepala Staff Angkatan Laut) serta Penandatanganan Kerja Sama (PKS) yang ditandatangai oleh Kadiknas Provinsi dan Kodiklatal, pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2017 di Gedung Grahadi Surabaya.
SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur menggunakan Kurikulum 2013 dan pengembangan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman. Kurikulum pengembangan Bela Negara dan Kemaritiman dikembangkan dan diampu oleh Personil dari LAPETAL (Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut) dan AAL (Akademi Angkatan Laut).

Diharapkan lulusannya bisa:
a. 20% siap berkompetisi lulus masuk ke AAL, AAD, AAU dan Akpol yang sudah disiapkan sejak semester I.
b. 80% sesuai dengan bakat dan minatnya.

Peserta didik SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur mendapatkan pembekalan diantaranya:

  • Pendidikan bela negara
    dan kemaritiman
  • Program kewirausahaan
  • Program learning to l